Desa  

Desa Gabus Pati, Penuh Khidmat dan Sakral Lakukan Acara Haul Ki Ageng Damarjati .

Pati. Jursidnusantara.com//Kegiatan haul sering digelar dalam tradisi di masyarakat,terutama masyarakat di tanah Jawa. Haul merupakan momentum untuk mengenang seorang tokoh, ulama ,sesepuh suatu desa yang telah wafat.

Desa Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Jawa Tengah pada setiap tahunnya selalu memperingati Haul Ki Ageng DamarJati yang merupakan sesepuh desa, bahkan diyakini sebagai pendiri atau bibit kawit masyarakat Gabus. Sabtu, 30/07/2022

Ketua pelaksana acara, Habib yang juga perangkat Desa Gabus menyebutkan, peringatan Haul sudah dilaksanakan dari dulu turun temurun oleh masyarakat desa Gabus dan diadakan setiap tanggal 1 muharram setiap tahunnya.

Read  Proyek Talud Desa Mantingan Jakenan Diduga Menjadi Ajang Bancakan .

Tahun ini rangkaian acara yang diagendakan adalah tahlil umum dan khataman Quran yang dilaksanakan pada malam jumat atau satu hari sebelum puncak acara.
Acara adat juga dilaksanakan pada Haul tahun ini yakni kirab pengambilan klambu dari kantor Kepala Desa Gabus yang diiring Pusaka peninggalan leluhur, juga beragam kesenian desa Gabus salah satunya adalah seni Barongan.

Di temui awak media kepala desa Gabus Suyadi, S.Pd mengatakan antusiasme masyarakat Desa Gabus sangat tinggi sekali pada perayaan tahun ini setelah dua tahun Haul Ki Ageng Damarjati di laksanakan dengan sangat sederhana sekali mengingat pada saat itu masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Read  Ribuan Warga Padati Pasar Tokiyo Jepang Kudus Peringati Tahun Baru Hijriyyah 1445

Dalam sambutannya saat penyerahan klambu untuk makam Ki Ageng Damarjati, Kepala desa Gabus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Gabus, khususnya kepada seluruh jajaran kepanitiaan haul Ki Ageng Damarjati desa Gabus.

“Kita harus senantiasa bersyukur atas rahmat Allah SWT karena pada tahun ini masih bisa mengadakan Haul dengan berbagai kemeriahannya.” Ucap Kades Gabus pada pembukaan sambutannya.

“Selanjutnya kami juga berharap acara ini bisa ditingkatkan lagi di kedepannya”.
” Apresiasi setinggi-tingginya kami kepada masyarakat desa Gabus pada umumnya, terkhusus kepada jajaran kepanitian Haul yang telah membuat acara sedemikian meriah” tandas Kades Gabus.

Read  Si Jago Merah Telan Rumah Warga di Tunjungrejo Margoyoso .

Kesakralan penyerahan klambu pengganti makam Ki Ageng Damarjati tampak saat rombongan kirab memasuki kantor desa Gabus yang disambut tabuhan gamelan yang dimainkan oleh pemuda-pemudi Gabus yang tergabung dalam kelompok karawitan ‘Taruna Jati’ Gabus. (Eko Riyadi)

error: Content is protected !!