SD 2 Kedungdowo Kudus Adakan Karnaval Kirab Budaya dan Sosialisasi Progam Unggulan PPDB 2024-2025

KUDUSjursidnusantara.com Karnaval atau Kirab budaya adalah istilah umum yang merujuk pada berjalan bersama-sama atau beriring-iringan secara teratur dan berurutan dari depan sampai ke belakang dalam suatu rangkaian acara, semisal upacara adat, keagamaan, kegiatan sekolah, dan lain-lain.

Jelang perpisahan dan pelepasan siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) 02 Kedungduwo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus diadakan Karnaval Kirab Budaya.

Acara yang digelar mulai start dan finish di halaman SD 2 Kedungduwo dengan route mengitari jalan se-Kecamatan Kaliwungu sejauh lebih kurang 6 Km, dengan menggunakan 7 kendaraan odong-odong yang dikawal oleh pihak kepolisian, TNI, dan Banser NU. Sabtu, 22 Juni 2024 siang.

Ratusan siswa dan wali murid, serta bapak, ibu guru dan staf SD 2 Kedungdowo tampak ikut rombongan odong-odong tersebut dan sebagian wali murid ada yang menggunakan sepeda motor.

Supriyadi ketua pelaksana kegiatan Muwadda’ah dan pelepasan siswa kelas VI mengatakan, bahwa kegiatan karnaval dan kirab budaya merupakan rangkaian acara menjelang pelepasan siswa kelas VI.

“Ini merupakan rangkaian acara besuk pada hari Minggu (23/6/2024) yakni Muwadda’ah dan pelepasan siswa kelas VI yang dilaksanakan dihalaman SD 2 setempat,” katanya.

Karnaval kirab budaya ini juga sekaligus mengenalkan kepada masyarakat khusunya Desa Kedungduwo dan umumnya wilayah Kecamatan Kaliwungu.

Read  Bupati Samosir Hadiri Silaturahmi Nasional SMSI dalam rangka Menyambut Hari Pers Nasional.

Dimana SD 2 Kedungdowo pada tahun pelajaran 2023-2024 ini mempunyai progam-progam unggulan yang patut untuk diperhitungkan bagi para orang tua untuk menyekolahkan di SD 2 Kedungduwo.

“Kami berharap pada orang tua dan wali murid SD 2 Kedungdowo memberikan ucapan terimakasih kepada bapak, ibu guru yang telah membimbing dan mendidik putra-putri kita sehingga menjadi anak yang sholeh dan sholehah, mampu membaca dan menghafal bacaan Al-Qur’an,” harapnya.

“Untuk acara Muwadda’ah dan pelepasan siswa kelas VI SD 2 Kedungdowo akan dilaksanakan besuk pagi mulai pukul 08.00 hingga selesai,” pungkasnya.

Sementara itu, Edy Susanto selaku guru wali kelas SD 2 Kedungduwo mengatakan, karnaval kirab budaya ini merupakan nguri-nguri budaya Nusantara, dimana para siswa tadi mengunakan pakaian dan adat budaya Nusantara.

“Tadi siswa kelas I hingga kelas VI yang mengikuti kirab kita anjurkan untuk membawa pakaian dan adat budaya Nusantara, namun kebanyakan para siswa kebanyakan membawa pakaian dan adat Kudusan,” katanya.

Lebih lanjut Edy mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak, ibu panitia penyelenggara kegiatan, yang telah bekerja semaksimal mungkin demi lancar dan suksesnya acara ini.

“Terimakasih kepada segenap panitia penyelenggara, kegiatan Muwadda’ah dan Pelepasan Siswa kelas VI, diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu-Minggu (22-23/6/2024),” terangnya.

Read  Lahan Sumbermulyo Tlogowungu Akan Dijajah Warga Siaga Menjaganya

Perlu kami sampaikan bahwa SD 2 Kedungduwo pada tahun 2015-2016 juara 1 MTQ Qiro’ah tingkat Kabupaten Kudus, kemudian mewakili Kabupaten Kudus ketingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juara harapan 1, namun di Tahun 2023-2024 Juara 1 MTQ Qiro’ah Tingkat Kabupaten Kudus dan ikut lomba tingkat Jateng juara Harapan ke 4.

“SD 2 Kedungdowo tahun pelajaran 2024-2025 mempunyai beberapa progam unggulan yang layak menjadi sebuah pertimbangan bagi orang tua calon wali murid SD 2 Kedungdowo,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SD 2 Kedungdowo Bowo Laksono mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu wali murid yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk mengenyam pendidikan di SD 2 Kedungdowo. Selama 6 tahun ini, jika kami dalam mendidik putra-putri bapak dan ibu ada yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Lebih lanjut Bowo panggilan akrab Bowo Laksono menambahkan, bahwa siswa harus bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya. Mereka harus mampu bersaing di dunia pendidikan.

“Para siswa harus tetap semangat dalam belajar, masa depan masih panjang, dinamika pembelajaran juga bisa berubah sewaktu-waktu dan harus siap, harus punya tekad dan semangat tinggi untuk menggapai cita-cita yang diinginkan,” imbuhnya.

Read  Kirab Punden Dan Belik, Perayaan Ta'sis Masjid Menara Kudus, Nguri-uri Budaya, Bentuk Merawat Peradaban

Untuk tahun pelajaran 2024-2025 ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD 2 Kedungdowo Tahun Pelajaran 2024-2025 dibuka pada bulan Mei hingga bulan Juli 2024 pada hari Senin-Kamis Pukul 08.00-12.00 kemudian pada hari Jum’at-Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB.

Untuk persyaratan pendaftaran dengan membawa foto kopi Kartu Keluarga (KK), foto Kopi Akta Kelahiran, dan foto kopi Kartu Indonesia Pintar (jika ada).

Adapun progam unggulan Tahun 2024-2025 SD 2 Kedungdowo adalah ; Tahfidz Juz 30, Manasik haji, Pentas Seni dan Karya Siswa, Kewirausahaan Islami, Outing Class Religi.

Kegiatan Extra Kulikuler meliputi; Latihan Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Latihan Seni Kaligrafi, Latihan Kriya Anyaman, Latihan Pramuka, Latihan pantomim, Latihan Komputer, Latihan Drum Band, dan Senam Lantai.

“Disamping progam unggulan tersebut, SD 2 Kedungdowo juga ada fasilitas gratis (tidak membayar) yang lain seperti gratis kain batik, seragam merah putih, dan Kaos Olahraga,” jelas Bowo.

“Semoga anak didik yang telah lulus dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, dan pendidikan yang telah siswa peroleh dari sini dapat bermanfaat dan barokah dari bapak dan ibu guru,” pungkasnya.

(Elm@n)

error: Content is protected !!