Nich Catat Lur!! Acara Haul Sang Maestro Rumah Adat Kudus “Rogo Moyo Fest 2024”

KUDUS – jursidnusantara.com Bulan Muharram bagi umat muslim khusunya warga Kudus Jawa Tengah, mempunyai makna tersendiri, karena dalam bulan ini ada ritual keagamaan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kudus dan sekitarnya yakni; buka luwur makam wali.

Perlu diketahui bahwa arti buka luwur atau pelepasan kain putih yang menutupi pesarean makam adalah merupakan ritual peringatan haul wafatnya para wali dengan prosesi pergantian luwur atau pergantian kain putih.

Joko Zulaikhan ketua panitia kegiatan mengatakan, peringatan haul Mbah Rogo Moyo pada tahun 2024 telah kami siapkan berbagai acara yang begitu apik dan menarik untuk dihadiri masyarakat Kudus khususnya warga Desa Kaliwungu dan sekitarnya.

Serangkaian acara yang akan kami laksanakan mulai dari ziarah bersama atau umum hingga kirab budaya dan ditutup dengan acara pengajian, juga ada berbagai macam hiburan.

“Dalam rangka haul Mbah Rogo Moyo berlangsung berbagai kegiatan selama 8 hari yang dimulai tanggal 12-19 Juli 2024,” kata Joko Zulaikhan pada Rabo, 10 Juli 2024 dalam keterangan tertulisnya.

Read  Jalan Demak Mencapai 70 Sentimeter, Berdampak Penumpukan Kendaraan di Jalur Alternatif

Dia juga menambahkan, bahwa rangkaian acara Haul Mbah Rogo Moyo akan dimulai pada hari Jumat, 12 Juli 2024 pada pukul 18.00 WIB acara ziarah bersama yang berlokasi dimakan Mbah Rogo Moyo, kemudian dilanjut pada pukul 19.30 WIB dengan Pembukaan Bazar dan Pentas Seni bersama DJ melody di lapangan Mbah Rogo Moyo.

Kemudian pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 pukul 19.30 WIB akan diadakan hiburan Musik Venstar yang bertempat di lapangan Mbah Rogo Moyo.

Kemudian pada hari Ahad, 13 Juli akan di laksanakan resik-resik makam Mbah Rogo Moyo pada pukul 07.00 WIB, dilanjut dengan pelepasan kain luwur di pesarean pada pukul 09.00 hingga selesai. Kemudian acar dilanjut dilapangan Mbah Rogo Moyo pada pukul 19.30 WIB ada hiburan Kerah Putih, Sinners, Diffrent.

Pada hari Senin, 15 Juli Pembukaan Haul dan Santunan Yatim-Piatu pada pukul 19.30 WIB yang bertempat di Masjid jami’ Al-Azis. Sementara itu kegiatan yang berdada dilapangan Mbah Rogo Moyo berlangsung acara Mahkota musik pada pukul 19.30 WIB.

Read  Kapolri Dijadwalkan ke Lokasi Gempa, Distribusikan 3.000 Sembako

Sedangkan untuk kegiatan pada hari Selasa, 16 Juli dengan agenda Khotmil Qur’an bi Nandhor di pesarean makam pada pukul 18.00 WIB, sedangkan dilapangan Mbah Rogo Moyo pada pukul 18.30 WIB berlangsung Putu Mbah Rogo Moyo bersholawat bersama dengan Habib Ali Zainal Abidin.

Rangkaian kegiatan pada hari Rabo, 17 Juli 2024 acara Khotmil Qur’an bil Ghoib di masjid Darul Istiqomah pada pukul 06.00 WIB, kemudian dilanjut dengan Penjamasan Pusaka Mbah Rogo Moyo pada pukul 12.00 WIB.

Kemudian lanjut pada pukul 19.30 WIB Napak Tilas Pesanggrahan Mbah Rogo yang bertempat di masjid Baitun Na’im dukuh Proko. Sementara itu, kegiatan yang dilapangan Mbah Rogo digelar hiburan bersama Arimba dan Ikari pada pukul 19.30 WIB.

Untuk agenda pada hari Kamis, 18 Juli sekira pukul 18.00 WIB Kirab Luwur dan Parade Obor yang dimulai dari masjid Darul Istiqomah dan finish makam Mbah Rogo Moyo. Untuk kegiatan yang berada dilapangan Mbah Rogo Moyo berlangsung hiburan Anker Percussion pada jam 19.30 WIB.

Read  IPIP Sowan Ke PJ Bupati Pati, Meminta Restu Menuju Insan Pers yang Profesional.

Puncak acara pada hari Jum’at, 19 Juli 2024 digelar Kirab Budaya yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB. Acara dimulai dari masjid Darul Istiqomah finish lapangan makam Mbah Rogo Moyo, kemudian pada malam harinya pada pukul 19.30 WIB diselenggarakan pengajian umum yang bertempat di masjid Darul Istiqomah.

Kami atas nama segenap Panitia Mohon Do’a Restu dan dukungan dari semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu baik tenaga, pikiran, dana, agar rangkaian kegiatan acara Mbah Rogo Moyo dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada halangan suatu apapun. Semoga amal baik kalian dibalas Allah SWT dengan balasan yang baik dan berlipat.

“Kami hanya dapat berdo’a semoga amal baik kalian diterima dan dibalas oleh Allah SWT, dan acara dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses,” pungkasnya.

(Elm@n)

error: Content is protected !!